• Selamat atas pengukuhan Pengurus Kwarnas masa bakti 2013 - 2018.
  • Jadikan bulan Puasa untuk menempa karekter pengendalian diri, sabar dan ikhlas
  • Gunakan Hak Pilihmu dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden , 9 Juli 2014 mendatang
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Karang Pembina arrow Jenis Kegiatan dalam Sisdiklat
Jenis Kegiatan dalam Sisdiklat
Article Index
Jenis Kegiatan dalam Sisdiklat
Page 2

Image

Pendidikan dan Latihan untuk Anggota Dewasa merupakan bagian dari proses pembinaan anggota dewasa yang secara garis besar terdiri atas kursus dan pertemuan.

Bentuk kegiatan kursus – kursus antara lain : 

1. Kursus Pembina Pramuka Mahir ( KMD dan KML )

2. Kursus Pelatih Pembina Pramuka ( KPD dan KPL )

3. LPK ( Kursus Pengembangan Kepemimpinan ) untuk Penegak dan pandega

4. KPDK ( Kursus Pengelola Dewan Kerja ) untuk Dewan Kerja Penegak dan Pandega

5. Dianpinsat ( Gladian Pimpinan Satuan ) Pendidikan Untuk Penegak dan Pandega.

7. Kursus Pamong Satuan Karya Pramuka (Kursus Pamong Saka)

8. Kursus Instruktur Satuan Karya Pramuka (Kursus Instruktur Saka).

9. Kursus Andalan.untuk Andalan dan Pengelola Kwartir

10. Kursus Pengembangan Karakter dan Keterampilan

     a. Kursus Pendidikan Bela Negara

     b. Kursus Fasilitator Pendidikan Bela Negara

     c. Kursus Ketrampilan Kepramukaan

     d. Kursus Manajemen Kwartir

     e. Kursus Pembina Profesional

      f. Kursus Instruktur

      g. Kursus Kewirausahaan

      h. Kursus APIARI

       i. Kursus Lainnya yang diselenggarakan Kwartir melalui Kerjasama dengan lembaga lain.

Jenis Pertemuan pada Sisdiklat antara lain :

1. Seminar dan Lokakarya ( Pembina, Penegak dan Pandega )

2. Orientasi.

3. Karang Pamitran

4. Gelangh Ajar.

5. Pitaran Pelatih.

6. Penyegaran Pelatih.


 


User Comments

Comment by GUEST on 2008-04-01 23:04:47
tolong pengumuman KML disebarkan lewat sekolah-sekolah 

Comment by GUEST on 2008-04-02 10:43:29
Sekolahnya di mana, bang ....??

Comment by GUEST on 2008-05-12 15:36:42
Kak aq boleh minta materi tentang kepramukaan? Materi + Out Bond Training And Lagu-lagu pramuka ya kak.......Please 
salam pramuka....?????? 
Anggah Hadi P. 
 
*********************************************** 
 
Salam Pramuka, 
Lho kok minta, kan tinggal ambil saja di media ini, tinggal copy paste dan download. Gitu lhoh...., Terima kasih dan selamat berjuang ! 
 
Kak Admin 
 

Comment by GUEST on 2008-06-17 22:07:31
Salam pramuka, 
kak,mw tnya.......ap KMD it cuma untk yg usiany min 21th aj........kalau yg bru lulus sma,blh g ikutn KMD......... 
terima kasih 
 
*********************************************** 
Admin : 
Sesuai aturannya ya begitu......, tapi kalo ada anggota yang ingin meningkatkan ketrampilannya dan dapat membantu perkembangan dan pendidikan bagi pramuka, kenapa mesti ditolak ?  
Biasanya Lemdika setempat sudah memiliki kebijakan atau rambu2 tersendiri disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi dan kondisi setempat.Okey

Comment by GUEST on 2009-03-17 09:56:38
salam pramuka,caranya gimana supaya bisa ikut Kursus Pelatih Pembina Pramuka, hidayat

Comment by GUEST on 2009-03-14 09:15:37
Admin yth, 
saia baru saja mengikuti KML di Kab. Sukabumi, yang saya ingin tahu " adakah contoh RTL (rencana tindak lanjut) sebagai bahan referensi saja.. Sistematikanya bagaimana sih??? 
 
 
************************************************ 
Admin : 
Terima kasih. Kami akan upayakan nanti sistematika dan contoh bikin RTL.memang sangat diperlukan bagi Pembina yang telah selesai mengikuti kursus. Mohon bersabar.

Comment by GUEST on 2010-01-09 22:14:32

Comment by GUEST on 2010-01-11 22:44:16

Comment by GUEST on 2009-04-16 13:04:48
salam pramuka....bgmn cara supaya bs ikut KMD. sy pembina pramuka tapi belum pernah ikut kursus yg diadakan lemdika sakti

Comment by GUEST on 2009-04-16 13:09:44
sy pembina pramuka sma negeri 36 jakarta rawa mangun tolong diinformasikan ttg kmd dan senang sekali bila anggota gerakan pramuka sma negeri 36 diikutsertakan dlm kegiatan pramuka di kwarnas. sakti

Comment by GUEST on 2010-07-07 05:47:13

Comment by salam pramuka, kak msih banyak on 2010-10-03 17:49:08

Comment by on 2010-10-28 17:54:14
salam Pramuka 
 
Q mau nax ni klu kata Bantara itu di ambil dari bhasa apa n apa artinya...... tolong ya kak infonya.... terimakasih.... 
salam Pramuka...

Comment by GUEST on 2009-06-18 13:17:35
kak, siapa yang mengadakan KMD dan KML? 
kalo ada informasi mengenai kursus latihan kepramukaan, tolong beri tahu saya ya kak. Alamat email saya  
 
Terima kasih... 
************************************************ 
Admin Pramukanet : 
Silahkan download petunjuk Penyelenggaraan KMD dan KML di sesi Download PP. Trims

Comment by scoutmaster on 2011-10-23 22:44:19
banyak pembina ikut KMD dan KML tapi tidak tau tentang bagaimana cara membuat RTL padahal sudah sangat jelas dalam sistimatikanya dalam PP KMD dan KML, tapi perlu juga diketahui oleh semua para Pelatih Pembina Pramuka seluruh Indonesia bahwa 90 % pelatih saya yakin banyak yang tidak tau cara menyusun RTL tersebut sehingga menggambil cara mudah aja yaitu bagi yang sudah KMD atau KML cukup membuat program mingguan saja di satuan, padahal itu jelas berbeda apa yang dimaksud dari RTL tersebut. dan khusus lulusan KML saya yakin 98% tidak pernah membuat RTL maupun karya tulisnya sesuai petunjuk dalam PP KML dikarenakan Pelatihnya juga tidak tau / tidak peduli. beberapa daerah pernah saya liat seorang penegak mahir penegak, seorang pandega mahir penegak (sudah dilantik mahir karena sdh KML). mohon kakak2 Kapusdiklatcab/da/nas cek diwilayah kerja kakak, mungkin ada yang perlu diluruskan. terima kasih atas perhatiannya....salam pramuka

Comment by on 2012-01-12 18:08:22
Salam Pramuka !! 
bagi rekan2 yang baru mengikuti KMD/KML, bagi dong contoh/teknik/sistematika pembuatan RTLnya dong

Comment by on 2012-04-13 15:20:27
Mohon penjelasan : 
Siapa yg punya kewenangan mengeluarkan/menandatangani ijazah kursus dan surat keterangan narakarya? 
salam pramuka 
 
 
 
Jawab : bedasarkan PP Dilklat Anggota Dewasa yang menandatangani adalah Kepala Pusdiklat dan Ketua kwartir.

Comment by on 2012-05-29 11:18:15
salam pramuka, 
 
didaerah kami sangat kurang anggota yang memiliki sertifikat KMD/L, KPD/L, dan yang ada juga terkadang harus berbenturan dengan kerjaan ketika mereka ingin fokus dgn pembinaan pramuka. yang jadi pertanyaan saya (mungkin pertnyaan lama), apakah bisa pembina yang ditunjuk berdasarkan SK Musyawarah Gugus Depan bisa melakukan uji SKU dan SKK, walaupun dia belum memiliki sertifikat diatas (tetapi secara keilmuan di bisa melakukan ujian tersebut), jika kita mengharapakan mereka yg memiliki sertifikat terkadang bisa lama karena harus mencari waktu yang pas....apakah kebijakan diatas bisa dipertanggung jawabkan. karena saya melihat sekarang ini aktifitas kepramukaan sedikit menurun di daerah saya karena hal tadi, ketika anak didik sudah berhak untuk mendapatkan/ naik tingkat mereka terpaksa menunggu dan akhirnya bisa muncul kebosanan karena adanya pembiaran ( bisa juga karena pola pendidikannya yang masih berbau semi miiter sehingga mereka ingin menunjukkan kekuatannya dengan cara menekan tadi).  
 
mungkin kebijakan yang tidak kaku dan fleksible melihat sikon yang ada akan membantu perkembangan pramuka. 
 
harap jawabannya (sebagai bahan pertimbangan kami disni) 
 
wassalam 
 
adji rachmad

Comment by on 2012-07-22 12:00:32
salam pramuka... 
 
kak,saya kesulitan dalam pembuatan RTL yang baik sesuai dengan aturan yg ada.. 
mohon bantuan contoh RTL.. 
 
terimakasih.

Comment by on 2012-09-27 11:09:46
kak , saya mau tanya kalo KMD kapan ya diadakannya

Comment by on 2012-11-02 15:29:55
senada dgn sdr adji rachmad 
pembina pramuka itu asalkan mau saja sudah bagus. seharusnya diadakan evaluasi kondisi personil pembina di tiap tiap daerah. saya yakin yang banyak pengalamannya tapi kendur semangatnya, yang masih semangat belum pernah KMD. tantangan generasi sekarang lebih berat maka dibutuhkan pembina yang berwawasan modrn. dengan tidak mengabaikan kaidah baku GP. butuh inovasi dan pendekatan yang cerdas agar GP sejaman dengan generasinya.

Comment by on 2012-11-22 04:45:57
askum,ka mo tnya skrg d kabupaten sy sdng mlaksanakan KMD saya msh bingung saya mengajar d PAUD/ TK & Kober, skrg lg d galakan pramuka pra siaga bikin RTL nya mengacu dr mana,contohnya sperti apa,pembelajaranya / d laksanakanya hr apa kn usia nya msh belia..sdangkn sy bru aktf lg d pramuka semenjak tamat sma jd msh bingung mohon penjelasanya

Comment by on 2013-03-07 16:37:45
kapan pelaksanaan KMD 2013 Tolong informasikan ke saya boleh lewat Imail saya

Comment by on 2013-03-07 16:38:53
saya tunggu indormasinya secepatnya ya

Comment by on 2013-05-03 21:53:31
Salam Pramuka, 
ka, minta jadwal KPD/L nasional atau regional akan dilaksanakan tahun 2013 ini.

Comment by on 2013-05-08 21:24:54
ka, tolong dikirimin kurikulum KPDK dan materi yang disajikan dalam KPDK

Comment by on 2013-05-31 09:03:55
Yth. Admin 
 
Tolong jika ada pelatihan untuk Pelatih/Pembina Pramuka tingkat SMA/SMK tolong di infokan lewat email saya. 
 
Terima kasih

Comment by agung prasetiya on 2013-06-25 07:41:47
ass,, 
slam pramuka,, 
tolong dong kak mnta info ya kalau ada yang mngadakan KMD sya mau ikut,, di bulan juni-juli,,klau ada,,, 
kalau tidak ada di bulan agusts-desember,, 
tpi KMD khusus daerah jakarta ya kak,,, 
klo ada info ke 02199869757 atau 089601517709,, ths,, kakanya

Comment by on 2013-07-24 12:35:48
assalamualaikum, buat kakak admin dan kakak pembina khususnya di jakarta 
harap memberikan informasinya jika ada acara KMD atau KML untuk bulan bulan kedepan 
 
tolong infokan ke no 085782095326 ( Ali Hasan )

Comment by on 2013-09-13 00:42:26
Bgmn cara menjadi Pamong Saka? Apa syaratnya? Terima Kasih


Pancasila Pramuka
ban_gp.gif
jota.jpg
LAYANAN CHATTING