• Visi : Gerakan Pramuka Menjadi Pilhan Utama Bagi Pembentukan Karakter Kaum Muda
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Karang Pembina arrow Saka Wira Kartika
Saka Wira Kartika
Article Index
Saka Wira Kartika
Page 2
Page 3
Page 4
Page 5

Satuan Karya Wira Kartika ( Rintisan )

ImageKodam IV/ Diponegoro dan Kwartir Daerah Jawa Tengah telah melakukan langkah cepat dalam upaya mewujudkan Saka Wira Kartika di Jawa Tengah. Berdasarkan Peraturan bersama Kasad dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 182/X/2007 dan 199 tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembina dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan serta Sprint Kasad dan SK Kwarda Jateng, maka secara resmi Pimpinan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika Jawa Tengah dikukuhkan.

ImagePara Pimpinan Saka yang berupaya dan kerkewajiban merintis berdirinya Saka di Jawa Tengah itu, telah memperkenalkan bendera Satuan Karya Wira Kartika dengan warna dasar hijau tua, seperti tampak pada gambar, juga badge Saka maupun Tanda Jabatan.

Pengorganisasian Saka binaan TNI-AD ini, tidaklah jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya. Namun Demikian Saka Wira Kartika ini memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida antara Lain :

1. Krida Survival

2. Krida Pioneer

3. Krida Mountainering

4. Krida Navigasi Darat

5. Krida Bintal Juang

ImageTiap Krida memiliki Spesifikasi materi pendidikan yang berbeda dengan krida lainnya.

Sudah barang tentu, di wilayah lainnya akan segera menyusul pembentukan Saka Wira Kartika. Generasi ini membutuhkan pendidikan dan latihan dalam upaya menghadapi tantangan ke depan, berpacu dengan kemajuan jaman dan tehnologi yang ternyata juga memiliki dampak dan pengaruh negatif yang sama cepatnya. Wassalam.


By : Wan_pramukanet.



User Comments

Comment by GUEST on 2008-05-14 13:49:48
selamat atas dilantiknya pembina dan pengurus saka wira kartika kodim magelang pada tanggal 13 mei 2008 lalu, semoga bisa mendidik anggota pramuka di wilayah magelang dan sekitarnya, dan mohon kalau ada kegiatan kami siap untuk mengikutinya. 
MOHON UNTUKDISAMPAIKAN DANDIM MAGELANG 
BY RACANA UMM/TIDAR DIWANGKARA DAN SEKAR SURYA MAGELANG

Comment by GUEST on 2008-05-19 14:22:04
Tolong dong minta PP n SK saka wira kartika  
 
*********************************************** 
Admin : 
Sampai Saat ini kami belum mendapatkan SK tersebut, dan mungkin belum dikeluarkan. yang aa hanya petunjuk awal kerjasama kwarnas dan Kasad tentang Pembentukan Saka dan Gudep. Bukunya lumayan tebal.

Comment by GUEST on 2008-06-03 13:05:20
salam pramuka  
 
saya pramuka garuda ingin ikut saka ini karna menantang

Comment by GUEST on 2008-05-23 03:05:18
kami dari koramil 0819/06 pasuruan mulai merintis pramuka saka wirakartika namun kami kurang dukungan mohon bapak komandan korem segera melantik anggota saka wira kartika pasuruan 

Comment by GUEST on 2008-05-23 03:08:58
ayo semangat anggota baru jangan lemes biar kita dapat SK dari KaKwarnas 
terima kasih 

Comment by GUEST on 2008-05-23 01:49:49
di jogja juga sudah diresmikan di Batalyon 403 Korem 072 Pamungkas. Dan sudah sampai di markas kami di Makodim 0734 Kota Yogyakarta. Kami siap membela bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia...!!!!

Comment by GUEST on 2008-05-22 11:39:18
Dari : Indra Kusuma 
 
Mohon petunjuk bagaimana cara pendaftaran sebagai anggota Saka Wira Kartika ( khususnya Kab. Klaten). 
Terima kasih.

Comment by GUEST on 2008-05-22 16:38:50
saka wira kartikatu gerak dibidang apa sih  
By:Firman  
************************************************* 
Admin : 
 
Salam Pramuka, 
Sesuai dengan draf petunjuk awal pembentukan Saka Wira Kartika lebih mengedepankan pada Pendidikan dan latihan Bela Negara, Cinta Tanah air dan ketrampilan lainnya sesuai karakteristik Saka itu sendiri maupun tujuan adanya Saka secara umum.

Comment by GUEST on 2008-04-15 13:42:40
 
selamat atas terbentuknya saka wira kartika  
 
di pare-pare (sul sel) udah ad saka wira kartika loh...... 
n gw yg ngebantu upacara peresmiannya di parepare 
gmn dgn daerah km????????????? 
 
firman :saka bhayangkara

Comment by GUEST on 2008-05-21 09:19:52
di payakumbuh saka wira kartika dah ada juga kak ? tepatnyanya di batalyon infanteri 131/brajasakti. dibawah pimpinan kakak letkol.hariyanto, Sip.  
 
************************************************** 
Admin : 
 
Terima kasih atas informasinya, agar teman2 pramuka se Indonesia mendapatkan informasi perkembangan Saka Wira Kartika yang ada di Daerah. 
Kita masih menunggu PP nya.

Comment by GUEST on 2008-06-03 15:19:09
SALAM PRAMUKA 
SAKA WIRA KARTIKA MENDAPAT SAMBUTAN HANGAT DARI SELURUH PANDU SE INDONESIA, MAKA DARI ITU TOLONG SEGERA DIRELISASIKAN

Comment by GUEST on 2008-05-15 17:49:50
kak saya dari saka bhayangkara polsek baureno mengucapkan selamat atas terbentuknya saka wira kartika di polsek baureno kab. bojonegoro jatim 
 
tapi saya nggak se7 klo kak G, kak D,kak M masuk ke situ karena sudah terbukti tidak dpt menjaga tanggung jawab salam pramuka 

Comment by GUEST on 2008-05-15 08:51:01
aq Najid anggota PRASBHARA Polresta Kediri.Di Kediri juga sudah berdiri saka wirakartika di kodim 0809 selamat atas berdirix saka wirakartika.Jk ingin knln hub noq 085735056493

Comment by GUEST on 2008-05-15 13:00:20
wah..... ada saka baru!!!! 
selamat yuph!!!! 
moga sukses.... 

Comment by GUEST on 2008-05-15 13:12:34
Slamat ya atas pembentukkan Saka Wira Kartika.  
Rencana bulan Juni 2008 KALBAR akan mengukuhkan saka Wira Kartika jg. OC Deh. 
 
 
By : K' Erick ( Kwarcab Kota Ptk )

Comment by GUEST on 2008-06-06 09:01:54
klo bisa bat akang 2 yang ada di kuraran nasional  
ska wira kar tika di adakan juga di sumedang (kususnya di kecamatan cimanggung)  
 
 
 
anak pramuka kecamatan cimanggung 

Comment by GUEST on 2008-04-16 15:09:22
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Salam pramuka...! 
 
selamat atas pembentukn saka wira kartika di p.sidipuan.di kodim 01-02 TS.tapi kpn nih kita dilantik.kak irianto jngan kejam kali donk...! 
 
by:decky chandra.

Comment by GUEST on 2008-04-16 17:14:14
Selamat atas keberhasilan terbentuknya Saka Wira Kartika di daerah Kamu ya.... 
klo boleh tau, Kegiatannya apa aja sih???

Comment by GUEST on 2008-04-01 07:46:49
aq mau ikut nih....

Comment by GUEST on 2008-06-06 18:20:00
Salam Pramuka ............... 
 
Bagi rekan-rekan Pramuka yang ada di daerah Saka Wira Kartika akan mengadakan Perkemahan Bhakti Wira Kartika pada liburan sekolah (Akhir Juni s.d awal Juni 2008) segera gabung dan daftar di Kwartir masing-masing karena krna perkemahan ini terbuka utk rekan-reka Penggalang, Penegak, dan Pandega yg ada di Gudep-Gudep dan tersebar di seluruh Indonesia, jd tidak hanya utk anggota Saka Wira Kartika saja, disamping itu banyak kegiatan dari Krida-Krida yg ada di Saka Wira Kartika akan diaplikasikan  
 
By..Aples ( )

Comment by GUEST on 2008-04-01 17:01:22
boleh juga tuh aku mau ikut tapi dah kerja gimana dong

Comment by GUEST on 2008-04-01 17:01:24
boleh juga tuh aku mau ikut tapi dah kerja gimana dong

Comment by GUEST on 2008-04-03 12:05:21
T O P bangetz neh SAKA...

Comment by GUEST on 2008-04-03 16:04:34
Salam! 
Sukses untuk Pramuka Saka Wira Kartika. 
Kapan di Jawa Barat? Jangan-jangan saya ketinggalan informasi!? 
 
Salam!

Comment by GUEST on 2008-04-05 19:29:40
wah saka wira kartika dah masuk indramayu belum 

Comment by GUEST on 2008-04-06 08:42:07
bagus...cara gabungnya gimana yach 
 
achoy-scout

Comment by GUEST on 2008-04-07 15:09:58
salam pramuka 
wah, jadi pengen ikut aku, tapi kok di daerah magelang yang katanya basis militer tapi kok belum begitu kelihatan ya, gimana biar bisa ikut, becouse sekolahku dari armed 3 cuma berjarak 500 m, 
dan yon armed 3 aku boleh ikut ya...... 
MAN 1 PAYAMAN

Comment by GUEST on 2008-04-07 20:54:26
salam pramuka!! 
 
selamat kepada kwarda jawa tengah yang telah memperlihatkan kemauan dan motivasi yang tinggi terhadap perkembangan saka wira kartika ini. 
semoga dapat berkembang dengan lebih baik lagi. 
 
salam pramuka!!

Comment by GUEST on 2008-04-10 12:48:16
selamat, kepada Kodam IV Diponegoro yang telah membentuk Saka Wira Kartika, dan KODIM 0304 / Agam juga telah membentuk Saka Wira kartika dan telah dikukuhkan oleh Walikota Bukittinggi selaku Ka.Mabicab Kwarcab Bukittinggi pada tanggal 17 Maret 2008 
 
by Denbey_sadewa@yahoo

Comment by GUEST on 2008-04-11 14:45:24
saluttt........ 
saka wira kartika dah masuk karawang blum yah???? 


ban_gp.gif
fox.jpg
LAYANAN CHATTING