• Selamat atas pengukuhan Pengurus Kwarnas masa bakti 2013 - 2018.
  • Jadikan bulan Puasa untuk menempa karekter pengendalian diri, sabar dan ikhlas
  • Gunakan Hak Pilihmu dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden , 9 Juli 2014 mendatang
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Apa Kabar Pramuka arrow Media Berita arrow Presiden: Jadikan Gerakan Pramuka Wadah Pembentukan Nasionalisme
Presiden: Jadikan Gerakan Pramuka Wadah Pembentukan Nasionalisme PDF Print E-mail

ImageJakarta, Presiden meminta Gerakan Pramuka terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme. "Jadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengendalian diri dari pengaruh-pengaruh negatif dan buruk agar generasi dan tunas-tunas bangsa tumbuh secara cemerlang," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutan Puncak Peringatan ke-51 Gerakan Pramuka di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Senin (3/9) sore.

Oleh karena itu, lanjut Presiden SBY, peta jalan (road map) yang telah disusun sebagai bagian dari revitalisasi Gerakan Pramuka sangat penting. Hal ini sekaligus untuk memastikan pendidikan kepramukaan tetap diminati generasi muda.

"Revitalisasi mengandung makna penguatan dan akselerasi. Penguatan dan akselerasi dibutuhkan sebagai sebuah proses transformasi diri melalui organisasi kepramukan secara independen untuk terbentuknya berbagai fondasi mendasar," Presiden menjelaskan.
Fondasi pertama, ujar SBY, adalah tumbuhnya sikap cinta tanah air. Kedua, terpupuknya solidaritas kemanusiaan, ketiga terbentuknya budaya kepramukaan, dan keempat terpatrinya budaya ke-Indonesiaan yang warna-warni, berbeda-beda.

"Kita ingin pendidikan kepramukaan tidak tergerus oleh zaman, tetap berperan besar dalam mencetak generasi muda yang unggul, berkarakter, berilmu, berbudi pekerti, dan mencintai alam," Kepala Negara berpesan.

Presiden ingin Gerakan Kepramukaan menjadi instrumen yang dibutuhkan oleh para siswa, orang tua, sekolah, dan lingkungan sebagai tempat yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat generasi muda secara positif.

"Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengajak seluruh warga bangsa untuk turut serta menjadikan Gerakan Kepramukaan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak kita dalam mencapai cita-cita dan keberhasilan di masa depan," kata Presiden SBY.

(Presidenri.go.id)


User Comments

Comment by Anonymous on 2012-09-05 10:22:32
Memang, bagi siapapun yang mencintai bagnsa ini, pramuka adalah wadah tepat yang mampu menjangkau semua orang tanpa membedakan. Oleh karena itu, semua pencinta karakter unggul, patriotik yang toleran dan dapat menjadikan pramuka sebagai sarana medapat berkah dan kebahagiaan.

Comment by Anonymous on 2012-09-10 17:13:03
Maka dari itu carilah pemimpin yang mengerti akan kebutuhan pemuda sebagai penerus bangsa yang mengerti hak dan kewajiban sebagai generasi penerus. jangan mudah tergoda oleh rayuan apabila pemimpin akan mengadakan pemilihan, tapi carilah orang yang mengerti dan memahami kita sebagai generasi bangsa. 
 
dkc Mura
Your Name / Email Address
Security Check. Please enter this code Listen to code

Pesan-pesan lanjutan

SILAHKAN ISI KOMENTAR DALAM BOX.TERIMA KASIH
Tidak perlu login or register.

Powered by AkoComment 2.0!

Pancasila Pramuka
ban_gp.gif
jota.jpg
LAYANAN CHATTING